RPP GLB dan GLBB Kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan
Nama Sekolah
:
:
Sekolah Menegah Atas

Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
VII / Semester II
Tema / Topik
:
Gerak Lurus 
Sub. Tema / Sub Topik
:
GLB dan GLBB
Alokasi  Waktu
:





A.  Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.  Kompetensi Dasar
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1 Memahami konsep gerak lurus yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi.
3.2 Mendeskripsikan perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang ada pada kehidupan sehari-hari, sebagai bagian dari observasi.
4.1 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang perbedaan gerak lurus beraturan da gerak lurus berubah beraturan.
4.2 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
C. Indikator
1.  Mengidentifikasi gerak lurus
2. Menjelaskan perbedaan gerak lurus berubah beraturan dan gerak lurus berubah beraturan berdasarkan data percobaan
3. Memberikan contoh pemanfaatan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari
4.  Menyelidiki GLBB yang dipercepat beraturan dan menumukan ciri GLB
5.  Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum gerak lurus
D. Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendengar penjelasan guru, peserta didik dapat mengidentifikasi percobaan pada gerak lurus dengan benar.
2.    Setelah diskusi peserta didik dapat menjelaskan konsep gerak lurus berdasarkan eksperimen
3.    Setelah tanya jawab peserta didik dapat memberikan contoh pemanfaatan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari
4.    Setelah eksperimen peserta didik memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum gerak lurus
5.    Setelah eksperimen peserta didik dapat menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
E. Materi
Gerak Lurus
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Gerak lurus dapat dikelompokkan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dibedakan dengan ada dan tidaknya percepatan.
Suatu benda dikatakan bergerak jika benda itu mengalami perubahan kedudukan terhadap titik tertentu sebagai acuan. Jadi, gerak adalah perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Gerak dapat dikatakan sebagai perubahan kedudukan suatu benda dalam selang waktu tertentu. Sesuatu yang dianggap diam dan digunakan sebagai pembanding itulah yang disebut titik acuan. Gerak terdiri dari dua macam yaitu gerak nyata dan gerak semu
1). Gerak Semu atau Relatif
Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi). Contoh: a). Benda-benda yang ada diluar mobil kita solah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak; b). benda berputar pada porosnya terhadap matahari.

2). Gerak Ganda
       Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada disekitarnya. Contoh: seorang anak kecil yang melempar putung rokok dari atas kereta rangkaian listrik saat berjalan di atap krl tersebut, maka terjadi gerak putung rokok terhadap tiga benda disekitarnya, yaitu gerak terhadap krl, gerak terhadap anak kecil tersebut, dan gerak terhadap bumi.
1.    Besaran-Besaran dalam Gerak
a)    Jarak dan Perpindahan
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memerhatikan arah. Perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda dengan memerhatikan arah.
b)   Kelajuan dan Kecepatan
Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memerhatikan arahnya. Kecepatan adalah kelajuan dengan memerhatikan arahnya.
a.    Gerak Lurus Beraturan
Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu. Secara matematis dapat ditulis dengan:
Flowchart: Alternate Process: s = v. t           
Dengan:
s adalah jarak ditempuh (m)
v adalah kecepatan (m/s)
t adalah waktu (s)
Gerak lurus beraturan juga didefinisikan sebagai gerak suatu benda dengan kecepatan tetap. Kecepatan tetap artinya baik besar maupun arahnya tetap. Karena kecepatan benda tetap, maka kata kecepatan bisa diganti dengan kelajuan. Dengan demikian, dapat juga kita definisikan gerak lurus beraturan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan tetap. Atau dapat juga dikatakan dengan, Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu
Grafik kecepatan dan posisi GLB
Karena kecepatan pada suatu benda melakukan GLB selalu tetap, maka grafik kecepatan terhadap waktu (grafik v-t) pastilah berbentuk garis lurus sejajar sumbu waktu t. ditunjukkan oleh gambar dibawah ini:
Gambar: grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB

b.    Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik. secara matematis GLBB dapat ditulis dengan:
Flowchart: Alternate Process: v_t=v_0+a.t                          


Dengan:
Gerak lurus berubah beraturan didefinisikan juga sebagai gerak suatu benda dalam  lintasan lurus dimana besar percepatan  benda selama bergerak selalu tetap. Artinya perubahan kecepatan benda selalu sama dalam selang waktu yang sama. Misalnya mobil yang mula-mula bergerak dengan kecepatan 5 m/s, pada detik pertama kecepatan mobil menjadi 10 m/s, pada detik kedua mobil bergerak dengan kecepatan 15 m/s dan untuk detik berikutnya kelajuan mobil bertambah 5 m/s. Berdasarkan nilai percepatannya gerak lurus berubah beraturan dibedakan menjadi dua yaitu gerak lurus berubah beraturan dipercepat dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat. Nilai percepatan pada gerak lurus berubah beraturan diperlambat negatif karena pada akhirnya benda menjadi berhenti. Percepatan yang bernilai negatif dikenal dengan perlambatan.
Grafik Kecepatan Terhadap Waktu

Benda yang melakukan GLBB memiliki percepatan yang tetap, sehingga grafik percepatan terhadap waktu (grafik a-t) berbentuk garis lurus horizontal sejajar sumbu waktu t. Lihat gambar disamping.
Percepatan tetap artinya benda mengalami pengubahan kecepatan yang sama dalm selang waktu yang sama. Karena itu, grafik kecepatan terhadap waktu ( grafik v-t) berbentuk garis lurus condong keatas dengan gradient yang tetap. Jika benda melalui GLBB dari keadaan diam(kecepatan awal   maka grafik v-t condong keatas melalui O(0,0), lihat gambar a. tetapi jika benda melalui GLBB dari keadaan bergerak (kecepatan awal ) maka grafik v-t condong keatas melalui titk potong pada sumbu v, yaitu (0,.
c.    Penerapan GLB dan GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari
Benda benda dialam semesta banyak melakukan gerak lurus beraturan, seperti gerak planet planet mengelilingi matahari. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan gerak lurus berubah beraturan yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari hari.
1.      Mobil yang bergerak dipercepat dengan menekan pedal gas atau mobil yang bergerak diperlambat dengan menekan rem.
2.      Gerak benda yang dijatuhkan.
3.      Gerak batu yang dilemparkan ke atas sehingga kecepatan batu berkurang secara bertahap.
4.      Benda jatuh bebas.
5.      Gerak seorang penerjun payung.
6.      Gerak mobil dalam balapan mobil.
Gerak sebutir peluru yang ditembakkan oleh pemburu
F. Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan         : Sainstifik (scientific)
2. Model                 : Discovery Learning
3. Metode               : Diskusi, Tanya jawab, dan eksperimen
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-          Charta, computer, dan lain-lain
2.    Alat dan Bahan
-          Tiket timer (pewak tuketik)
-          Pita tiket timer
-          Mobil mainan
-          Stopwatch
-          Gunting
-          Lem kertas
3.    Sumber pembelajaran
-            Buku Fisika SMA kelas X kurikulum 2013
-            LKS gerak lurus
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-Langkah Discovery
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)
Pemusatan perhatian:
-    Guru mengucapkan salam pembuka
-    Guru menyampaikan indicator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-    Guru memotivasi peserta didik
 menit
Kegiatan Inti
-   Pembahasan tugas dan identifikasi tugas

-   Observasi

-   Pengumpulan data

-   Pengolahan data dan analisis





-   Verifikasi


-    Generalisasi
-    Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
-    Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
-    Diskusi kelompok
-    Mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui eksperimen
-    Melakukan eksperimen GLB dan GLBB

-    Peserta didik mengamati eksperimen dan mencatat data

-    Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan pada LKS

-    Diskusi konsep GLB dan GLBB berdasarkan eksperimen

-    Persentasi hasil percobaan


-    Diskusi konsep GLB dan GLBB berdasarkan data eksperimen

-    Membuat kesimpulan tentang konsep GLB dan GLBB
 menit
Penutup

-   Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau penghargaan lainnya) kepada kelompok dengan kinerja yang baik
-   Peserta didik menjawab kuis tentang GLB dan GLBB
-   Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan GLB dan GLBB
 menit

I.     Penilaian
Aspek, Metode dan Instrument
Aspek
Metode
Instrumen
·  Sikap
·   Pengamatan
·   Lembar pengamatan sikap dan rubik
· Keterampilan
·   Tes unjuk kerja
·   Tes penilaian kinerja metode filtrasi
· Pengetahuan
·   Tes tertulis
·   Tes uraian dan pilihan ganda HOT


























Lampiran Penilaian
a.    Lembar Pengamatan Sikap
1.     Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





            Nilai Siswa = (Jumlah skor/12) x 4
Rubrik Penilaian Perilaku

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan hati-hati



3.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.    mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.      aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b.   Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
Peniaian keterampilan  metode pemisahan dengan filtrasi            
No
Keterampilan  yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Menggunakan pita tiket timer
3
-          Mengikat pita tiket timer pada kereta
-          Menentukan titik-titik pada pita
-          Menentukan posisi titik setelah digunting (lima detik)
2
Ada dua aspek yang benar
1
Ada satu aspek yang benar
2
 Cara menggunakan stopwatch
3
-          Mampu menggunakan stopwatch
-          Mengatur stopwatch
-          Mengenal stopwatch
2
Ada dua aspek yang benar
1
Ada satu aspek yang benar
3
 Cara menjalankan mobilan diatas kereta
3
-          Meletakkan mobil pada lintasan kereta
-          Menggunakan/ menjalankan mobil
-          Menentukan letak mobilan pada kereta
2
Ada 2 aspek yang benar
1
Ada 1 aspek yang benar

            Nilai Siswa = (Jumlah skor/9) x 4
c.    Instrumen Soal
Soal Uraian
1.    Apa yang dimaksud dengan gerak lurus?
2.    Alat apa saja yang digunakan?
3.    Jelaskan yang dimaksud dengan GLB dan beikan contohnya!
4.    Jelaskan yang dimaksud dengan GLBB dan berikan contohnya!
Rubrik Penilaan
No
Kunci jawaban
Skor
1.       
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus
20
2.       
Alat yang digunakan:
-          Tiket timer (pewak tuketik)
-          Pita tiket timer
-          Mobil mainan
-          Stopwatch
-          Gunting
-          Lem kertas
30
3.       
GLB adalah gerak benda dengan lintasan lurus dan lajunaya tetap. Contohnya: mobil bergerak lurus dengan kelajuan yang tetap pada lintasan yang lurus
25
4.       
GLBB adalah gerak benda dengan lintasan lurus dan lajunya berubah beraturan. Contonya: gerak pada penerjun payung
25
Jumlah
100

Nilai siswa: (jumlah skor/100) x 100

















Lampiran

Tabulasi Data
Potongan pita
Panjang pita
Ke-1
0,4 cm
Ke-2
0,6 cm
Ke-3
0,8 cm
Ke-4
1,1 cm
Ke-5
1,3 cm
Ke-6
1,3 cm

Kesimpulan:
Berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan maka didapat konsep gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan terbukti. Hal ini dapat terbukti dari hasil eksperimen yang telah dilakukan, dengan hasil data yang didapat yang menunnjukkan bahwa pada pita ke-1 sampai pita ke-4 menunjukkan bahwa terjadi gerak lurus berubah beraturan, namun pada pita ke-5 dan ke-6 menunjukkan bahwa gerak lurus beraturan.

Mengetahui,                                                                Indralaya,     Oktober 2015
                                                                                                                     _____________.                                                                                         Ressy laksmita
NIP.                                                                            NIM:06111181320024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elektronika Dasar-Tapis Pelewat Rendah dan Tinggi

Bersin